Pusat Pengembangan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran (PPTIuP)

Sejarah PPTIuP

Pusat Pengembangan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran (PPTIuP) merupakan salah satu pusat pengembang pada Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS. Keberadaan PPITuP dilatar belakangi upaya untuk merealisasikan Visi UNS menuju Universitas Riset Kelas Dunia (World Class University), yang menempatkan diri di era perkembangan teknologi informasi modern menuju pendidikan berstandar internasional. Pengunaan sarana teknologi informasi merupakan langkah strategis untuk meningkatkan dan mengembangkan metode dan media pembelajaran di UNS.

PPTIuP didirikan berdasarkan Keputusan Rektor UNS No: 539/UN27/KP/2011, tentang Pendirian PPTIuP pada LPP UNS. Untuk melengkapi keberfungsian PPTIuP diangkat Pengelola PPTIuP berdasarkan Keputusan Rektor UNS No: 540UN27/KP/2011, tentang Pengangkatan Pengelola PPTIuP pada LPP UNS. Selanjutnya berdasarkan Keputusan Rektor UNS No: 539 A/UN27/KP/014 dilakukan pengangkatan kembali pengelola PPTIuP pada LPP UNS. Pada awalnya PPTIuP mendapatkan tugas:

  1. Pengembangan :
    • Mengembangkan sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi;
    • Inventarisasi dan evaluasi teknologi infromasi yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran;
  2. Pelatihan kegiatan untuk memberdayakan para dosen dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk pembelajaran.
  3. Produksi bahan dan / atau media pembelajaran digital.

Selanjutnya dengan adanya perubahan LPP menjadi LPPMP dikeluarkan Keputusan Rektor UNS No: 180/UN27.12/KP/2015, tentang Pengangkatan Tim PPTIuP di lingkungan LPPMP UNS 2015-2016. Pada tahun 2017 pelaksanaan tugas PPTIuP didasarkan pada Keputusan Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS Nomor 01/UN.27.22/KP/2017 tentang Pengangkatan Tim pada Pusat Pengembangan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran (PPITuP) di Lingkungan LPPMP UNS tahun 2017. PPTIuP mendapatkan tugas:

  1. Melaksanakan pengkajian, pengembangan, pengawasan dan pelayanan e-learning
  2. Melaksanakan pengkajian, pengembangan, pengawasan dan pelayanan video Pembelajaran

Pelaksanaan tugas PPTIuP dalam mengembangkan pembelajaran berbasis e-learning di UNS didasari pula dengan adanya Peraturan Rektor No. 644/UN27/HK/2015 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan Program Sarjana di Universitas Sebelas Maret, pada Bab IX Pelaksanaan Pembelajaran, Pasal 12, yang telah dirubah melalui Peraturan Rektor No. 582/UN27/HK/2016 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan Program Sarjana di Universitas Sebelas Maret. Bab IX Pelaksanaan Pembelajaran, Pasal 13, menyatakan “Kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan secara konvensional, secara online, atau gabungan antara konvensional dan online yang dikenal dengan Blended Learning.